Simposium Nasional Perikanan Pulau-pulau Kecil dan Terumbu Karang

Conference Archives

Simposium Nasional Perikanan Pulau-pulau Kecil dan Terumbu Karang

Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

Jalan Jend. A. Yani No 1


Bengkulu, ID

May 23, 2017 – May 24, 2017

Latar Belakang

Indonesia merupakan negara kepulauan yang wilayahnya  terdiri atas ribuan pulau baik yang berukuran besar maupun kecil. Di pulau-pulau tersebut terhampar beragam tipe ekosistem perairan. Selain itu, Indonesia memiliki kekayaan terumbu karang yang besar dan masuk dalam kawasan pusat biodiversitas terumbu karang dunia yaitu Coral Triangle.

Ekosistem terumbu karang selain memiliki fungsi bagi biota laut, juga memiliki fungsi sebagai penyerap karbon, pemecah gelombang laut, penghasil ikan, dan tujuan wisata  yang sangat berguna bagi kesejahteraa masyarakat pesisir dan pulau –pulau kecil, serta secara umum bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pulau-pulau kecil dan ekosistem terumbu karang merupakan habitat yang potensial bagi berbagai jenis ikan sehingga berperan penting terkait dengan kekayaan jenis ikan di Indonesia. Secara keseluruhan, keanekaragaman sumberdaya ikan (Pisces) di Indonesia termasuk tinggi, setidaknya 4000-6000 jenis ditemukan di perairan Indonesia. Sayangnya, kekayaan jenis ikan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Sementara itu aktivitas penangkapan yang dibarengi oleh kerusakan ekosistem perairan semakin bertambah parah, serta masuknya jenis-jenis ikan asing yang bersifat invasif menyebabkan penurunan populasi banyak jenis. Bahkan beberapa diantaranya diperkirakan sudah atau hampir punah.

Penggalian informasi dan pemanfaatan potensi sumber daya ikan pada pulau-pulau kecil dan terumbu karang di Indonesia masih perlu ditingkatkan untuk menambah devisa negara dengan memperhatikan konservasinya. Terbatasnya tenaga peneliti di bidang penelitian dasar dan terapan menyebabkan amat terbatasnya data dasar di bidang sistematika, biologi, ekologi dan genetika ikan yang merupakan dasar konservasi dan pemanfaatannya. Nilai ekonomi dari sumber daya ikan di Indonesia tidak hanya terletak pada nilai pasar produk perikanan, namun juga dari terpeliharanya sumber daya genetik, jenis dan ekosistemnya sesuai PP 60/2007. Dengan demikian pemanfaatan SDI akan selalu mengacu kepada pelestarian, pemanfaatan sebagai bahan pangan, sebagai bahan baku olahan dan ekonomi perdagangan.

Terbatasnya upaya pengembangan lebih lanjut (seperti bioprospecting) menyebabkan potensi-potensi yang ada belum terungkapkan dan termanfaatkan dengan baik. Demikian pula kurangnya komunikasi di antara  para ilmuwan/peneliti dan praktisi pengguna mengakibatkan apa yang sudah ditemukan/diteliti belum terkomunikasikan dengan baik. Selain itu, tentang konservasi dalam pemanfaatan sumber daya perikanan, turut mempercepat penurunan populasi jenis-jenis ikan tertentu. Pemanfaatan sumberdaya ikan secara lestari memberikan dasar dalam kegiatan penangkapan, domestikasi, budidaya dan pengolahan agar dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Salah satu solusi menghadapi kendala tersebut adalah adanya sarana komunikasi di antara para peneliti dan praktisi. Komunikasi dalam bentuk diskusi, saling memberi informasi, koreksi/saran dan koordinasi dalam kegiatan penelitian dan pengelolaan khususnya terkait dengan perikanan pulau-pulau kecil dan terumbu karang. Untuk mewadahi hal tersebut perlu adanya pertemuan ilmiah.

Masyarakat Iktiologi Indonesia (MII) yang terbentuk pada Tahun 2000 di Bogor secara reguler telah menyelenggarakan Seminar Nasional Ikan sebagai wadah bagi para ilmuwan ikan/perikanan di Indonesia dalam memajukan pengetahuan ilmu ikan/perikanan dan pengelolaannya. Selain itu, MII menjalin kerjasama dengan pihak terkait untuk menyelengggarakan pertemuan ilmiah dalam bentuk Simposium Nasional Perikanan Pulau-Pulau Kecil dan Terumbu Karang, salah satunya dengan pemerintah Provinsi Bengkulu melalui program “Visit 2020 Wonderful Bengkulu”di Bengkulu bersama-sama perguruan tinggi Universitas Prof. Dr, Hazairin, SH.

TUJUAN

Simposium ini bertujuan untuk menggali dan meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya ikan di pulau-pulau kecil dan terumbu karang, pengelolaan, dan pelestariannya.

View Conference Details



Pengunjung UCS